Sabtu, 12 April 2014

Macam-Macam Subtrat Aquascape

Substrat pada aquascape berfungsi sebagai media tanam tempat ditancapkannya tanaman air di dasar tank.Substrat ini juga sebagai penyedia nutrisi yang dibutuhkan tumbuhan.

Ada 2 macam substrat yang umum digunakan para

 Aquascaper, yaitu :

Substrat Soil


Apa itu soil? Jika diterjemahkan, soil merupakan bahasa inggris dari kata tanahSoil pada aquascape berartitanah yang khusus dibuat untuk digunakan di dalam air (di dalam tank). Soil ini tentu punya kelebihan dibanding dengan tanah biasa di daratan, soil aquascape aman digunakan untuk tanaman air maupun ikan-ikan dalam tank.

pasir soil

Soil yang banyak digunakan sudah dikemas rapi oleh perusahaan yang membuatnya. Takaran yang pas untuk pertumbuhan tanaman, dan aman untuk ikan-ikan. Karena itu soil ini harganya masih cukup mahal. Beberapa merk soil di pasaran :

  • ADA Amazonia Soil
  • Nisso Custom Soil Black
  • Ebikuma Shrimp Soil Azoo Plant Grower
  • GEX plant soil

Substrat Pasir


Karena harga Soil khusus aquascape yang mahal, maka banyak penghobi aquascape menggunakan alternatif substrat aquascape mereka dengan menggunakan pasir. Tentunya bukan pasir sembarang pasir. Misal saja kita tidak bisa menggunakan pasir laut karena kandungan garamnya yang akan membunuh tanaman dan ikan anda. 

Ukuran pasir aquascape juga harus diperhatikan. Pasir bangunan yang halus bila digunakan akan mudah membuat keruh air pada aquarium, selain itu perputaran oksigen di dalam substrat juga kurang baik. Sebaliknya ukuran pasir yang terlalu besar membuatnya tampak seperti pecahan kerikil, selain kurang sedap dipandang juga susah untuk menancapkan tanaman, tanaman akan mudah lepas dan mengambang di permukaan air. Gunakanlah ukuran pasir antara 1-3mm.

Pasir yang biasa digunakan para pemain aquascape :

1. Pasir Malangpasir malang adalah pasir yang asalnya dari gunung berapi, biasa dikenal sebagai pasir vulkanik. Material yang berasal dari gunung berapi mempunyai nutrisi alam karena itu merupakan material yang bagus untuk menyuburkan tanaman. Teksturnya mempunyai rongga, berat jenis ringan, dan berongga. Pasir Malang disebut juga Pasir Liwa.

pasir malang


Keuntungan :

- Harganya paling murah
- Hitam pekat, lebih alami
- Banyak yang jual
- Mengandung nutrisi bagi tanaman
- Bisa digunakan tanpa pupuk dasar

Kekurangan :

- Ringan, kurang mencengkeram akar tanaman dengan baik, namun tetap bisa digunakan

2. Pasir Silica/Silika, dari pecahan batuan alam yang berfungsi untuk tukar menukar ion (anion-kation). Terbuat dari batuan yang keras dan tidak mudah pecah, mengandung Fe, Mn dan Sulfur dalam skala yang sangat kecil.

pasir silica


Keuntungan :

- Harganya masih tergolong murah
- Banyak yang jual
- Konstruksi pasir yang berat membuat tanaman tertancap dengan sempurna

Kekurangan :

- Warna putih yang kurang natural

- Sedikit sekali bahkan tidak mengandung nutrisi tanaman, jadi wajib ditambahkan pupuk dasar.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     Sumber : diyaquascape.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar